Mei 27, 2010

ARP

Dalam jaringan lokal, Packet IP umumnya dikirim melalui card Ethernet. Untuk keperluan komunikasi sesama card Ethernet digunakan Ethernet address, yang besarnya 48 bit, setiap card Ethernet mempunyai address yang berbeda-beda. Sewaktu terjadi pengiriman data dengan IP tertentu, suatu host perlu mengetahui, di atas Ethernet mana IP tersebut terletak. Untuk keperluan pemetaan IP address dengan Ethernet address digunakan protokol ARP.

ARP (Address Resolution Protocol) adalah protokol yang bertugas untuk menemukan hardware address suatu host dengan alamat IP tertentu. Ketika suatu IP packet yang telah ada alamat pengirim dan penerima akan dikirim, maka packet tersebut diteruskan ke layer di bawahnya (Network Interface Layer), yang akan memberikan alamat hardware sesuai dengan alamat IP tersebut. jika alamat hardware ini tidak ada di dalam cache ARP, maka ARP bertugas mencarinya di dalam jaringan lokal.

ARP bekerja dengan mengirimkan packet berisi IP Address yang ingin diketahui Ethernet. Karena dikirim ke Ethernet broadcast maka semua card akan mendengar packet ini. Host yang merasa memiliki IP Address ini akan membalas packet tersebut, dengan mengirimkan packet yang berisi pasangan IP Address dan Ethernet address. Agar tidak sering terjadi permintaan jawaban, jawaban disimpan di memori yaitu pada ARP cache untuk sementara waktu. Jika alamat IP itu milik host yang berada di luar jaringan lokalnya, maka router yang akan menjawab dan memberikan alamat hardware router, untuk selanjutnya packet tersebut dikirim ke router tersebut. Tanggung jawab pengiriman selanjutnya diambil alih oleh router tersebut. jadi ARP bertugas menterjemahkan alamat IP menjadi alamat hardware..

Setiap host selalu mempunyai cache ARP yang mentranslasikan alamat IP (IP Address) ke dalam alamat hardware (Physical address) atau lebih akrab disebut MAC Address, secara default umumnya 15 sekali terjadi updated tabel ARP.

Tidak ada komentar: